Kamis, 09 Agustus 2012

manfaat jeruk purut untuk obat herbal:Jeruk yang berkerut-kerut kulit buahnya ini dikenal dengan nama jeruk purut. Dalam penggunaan sehari-hari bagian yang biasa digunakan adalah daun dan buahnya.   Tanaman ini mudah dijumpai dan mudah dikenali dari daunnya yang tebal dan bila diremas mengeluarkan aroma yang khas.  Sebagai komoditas bumbu penyedap daun jeruk purut banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional dalam bentuk segar maupun yang sudah kering.  Secara morfologi tanaman tidak begitu besar, dengan duri pada batangnya dan buahnya berwarna hijau tua kecil dan kerkerut. daun jeruk walaupun terlihat cuma satu helai sejatinya adalah daun majemuk sehinngga disebut daun majemuk berdaun tunggal.  Mengapa disebut demikian karena daun yang lain sudah gugur secara misterius sehingga tinggal satu anak daun saja. Dan kalau anda amati dengan seksama pada tulang daunnya terdapat benjolan tempat duduk daun majemuk seperti halnya pada daun asam atau daun majemuk lain.
Daun Jeruk Purut mengandung tanin 1,8%, steroid triterpenoid dan minyak asiri 1-1,5% v/b sedankan Kulit buah mengandung saponin, tanin I%, steroid triterpenoid, dan minyak asiri yang mengandung sitrat 2 - 2,5% v/b.


Ramuan Obat dengan Jeruk Purut
Badan letih dan lemah Setelah sakit
ambil 1-2 buah , peras air jeruk purut ke dalam 1 gelas air hangat kemudian minum boleh ditambah madu.
 
Influenza
Ambil  1 buah jeruk purut yang sudah tua, potong dengan pisau yang bersih lalu peras ke dalam 1 gelas kecil atau 60cc air hangat lalu minum.
 
Menghaluskan Kulit bersisikdan kering
Potong jeruk purut yang sudah tua menjadi 2 atau lebih. Gosokkan bagian dalam jeruk purut yang sudah dipotong tadi pada kulit yang bersisik dan kering. Cukup dilakukan satu kali sehari, saat malam sebelum tidur.

1 komentar:

  1. Makasih ya atas infonya sangat menarik dan dapat menambah pengetahuan, salam kenal dari Cara membuat Manisan Kolang kaling sirup

    BalasHapus